Pengertian Statistik dan Statistika

Pengertian Statistik dan Statistika

Statistika adalah ilmu tentang pengolahan dan analisis suatu data hingga penarikan kesimpulan dari data itu. Sedangkan Statistik adalah hasil pengolahan dan analisis dari data itu.

Dalam statistik terdapat beberapa istilah seperti :

1. Data dan Datum

      Data adalah sekumpulan informasi dari suatu pengamatan. Informasi dari pengamatan itu dapat berupa angka-angka (seperti misalnya: nilai siswa, tinggi siswa, berat badan siswa), maupun bukan angka (seperti misal data profesi: dokter, guru, perawat, pengacara, dsb). sedangkan Datum adalah elemen-elemen dalam data.
Data dan datum

2. Ukuran data

Adalah banyaknya datum pada data tersebut. Ukuran data biasanya dinotasikan dengan huruf "n".
Contoh : Pada data tinggi badan di atas, maka ukuran datanya adalah 5 (karena banyak datumnya adalah 5) atau bisa juga ditulis n = 5.

3. Jenis-jenis Data

  • Data kuantitatif, hasil mengukur atau menghitung. Data kuantitatif yang diperoleh dengan mencacah disebut data tercacah (data diskrit) sedangkan data yang diperoleh dengan cara mengukur disebut data ukuran (data kontinu).
  • Data kualitatif, menyatakan keadaan atau karakteristik objek (biasanya tidak dituliskan dalam bentuk bilangan).

4. Populasi dan Sampel

Populasi adalah semua obyek yang akan diteliti (semesta pembicaraan).sedangkan Sampel adalah sebagian populasi yang benar-benar diambil datanya dan dibuat statistiknya.


Pemeriksaan dan Penyusunan Data

1. Pemeriksaan Data

Data yang diambil harus diperiksa sebelum diolah. Karena datum yang salah dalam data akan mempengaruhi perhitungan dan hasil-hasil pengolahan data.

2. Penyusunan Data

Sebelum mengolah data maka data harus diurutkan dari datum terkecil ke datum terbesar atau sebaliknya (biasanya penyusunan dilakukan dengan menyusun data dari datum terkecil ke datum terbesar).

Pada data tinggi badan di atas, data setelah diurutkan menjadi 152, 154, 160, 167, 176.
Setelah diurutkan kita bisa memberi nama pada datum-datum itu.
Penyusunan data


Sekian pengenalan ilmu statistika, seenggaknya kita tau perbedaan antara statistik dengan statistika, datum dengan data, data kuantitatif dengan data kualitatif, dan populasi dengan sampel.


Sumber : Pemahaman admin dari dosen dan analisa admin dari situs-situs di internet.

*) Laporkan bila ada kerusakan link atau kesalahan pada penulisan mohon beritahu kami melalui menu Kontak