Cara Membuat Situs Iklan Baris

Jenis-jenis Pengeboran

      Berdasarkan gambaran peta bawah permukaan dapat ditentukan titik pengeboran untuk membuktikan keberadaan minyak dan gas bumi dalam cekungan. Setelah dilakukan penentuan titik pengeboran dan pemetaan lokasi kemudian dilakukan pengeboran. Pembagian pengeboran minyak dan gas bumi dibedakan berdasarkan :
a. Tujuan pengeboran
b. Lokasi pengeboran
c. Berdasarkan bentuk lubang

Peta lokasi pengeboran
a. Berdasarkan Tujuan Pengeboran
      Jenis pengeboran ini didasarkan pada tujuan yang akan dicapai dalam melakukan operasi pengeboran. Berdasarkan tujuannya pengeboran dibagi menjadi :
  • Pengeboran Eksplorasi
  • Pengeboran Deliniasi
  • Pengeboran Ekploitasi

Pembahasan :
  • Pengeboran Eksplorasi
      Tujuan pengeboran eksplorasi ini adalah untuk membuktikan ada tidaknya suatu cekungan mengandung minyak dan atau gas bumi. Pada permulaan pengeboran ini, data-data pengeboran yang akurat belum tersedia sehingga memerlukan perencanaan yang tepat dengan memperhitungkan kemungkinan-kemungkinan masalah yang terjadi selama proses operasi pengeboran. Selain itu diperlukan pengamatan yang teliti selama proses pengeboran dilakukan karena kedalaman lapisan batuan yang memiliki sifat-sifat batuan berbeda yang ditembus oleh mata bor belum diketahui, data-data sifat-sifat batuan yang diamati perlu dicatat sesuai kedalamannya. Pada kenyataannya kedalaman akhir (target) yang dituju dalam pengeboran masih berubah, hal ini bisa diamati pada data serbuk bor serta data logging. Oleh karenanya konstruksi sumur yang meliputi desain casing, penyemenan, lumpur, bit dan material lainnya menyebabkan biaya pengeboran lebih mahal.
      Sumur eksplorasi sering disebut sebagai sumur “Wild Cat”, artinya selama operasi pengeboran akan didapati banyak masalah pengeboran yang akan ditemukan yang mengakibatkan waktu lebih lama dan biaya lebih mahal dikarenakan tujuan pengeboran eksplorasi adalah untuk mendapatkan data seakurat mungkin.
      Pada umumnya pengeboran eksplorasi dilakukan pertama kali, titik lokasinya berada di atas puncak suatu perangkap reservoir yang berbentuk Antiklin. Gambaran pengeboran eksplorasi yang pertama dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Pengeboran eksplorasi
      Pada gambar diatas terlihat bahwa pada reservoir terdapat tiga lapisan fluida yang tersusun dari atas ke bawah sesuai dengan densitasnya yaitu gas yang memiliki densitas paling ringan berada di atas kemudihan di bawahnya minyak dan di bawah minyak terdapat air. Pertama kali pengeboran menembus reservoir akan melalui zona mengandung gas dan kemudian melalu zona minyak di bawahnya, dan akan menembus zona air. Secara umum dibawah lapisan minyak terdapat air sebagai batas bawah suatu reservoir minyak. Batas-batas antara ketiga fluida reservoir tersebut sering disebut dengan Gas Oil Contact(GOC) untuk batas antara gas dengan minyak dan Water Oil Contact (WOC) untuk batas antara minyak dan air. Bila pengeboran pada puncak perangkap tidak menemukan hidrokarbon, reservoir tersebut kosong atau yang disebut dengan dry hole

  • Pengeboran Deliniasi
      Jenis pengeboran ini bertujuan untuk mengetahui penyebaran reservoir, mencari batas-batas, serta ketebalan reservoir. Pada pengeboran ini sudah ada data sumur dari hasil data-data pengeboran yang dilakukan pada pengeboran eksplorasi sehingga biaya pengeboran dan konstruksi sumur sudah dapat diperhitungkan secara relatif.

Pengeboran deliniasi
      Untuk menentukan batas-batas suatu reservoir maka dilakukan beberapa pengeboran dengan jarak-jarak tertentu dari sumur yang pertama. Pengeboran sumur yang kedua diharapkan menembus zona minyak dengan ketebalan yang sangat tipis, dan zona air yang tebal. Hal ini dapat dikatakan sebagai batas reservoir minyak. Namun bila pengeboran menembus zona minyak yang tebal seperti pengeboran pada sumur ketiga yang masih menembus minyak yang tebal dan ketebalan air yang cukup berarti maka hal ini tidak dapat dijadikan sebagai batasan reservoir. Untuk itu perlu dilakukan pengeboran yang keempat pada jarak tertentu dari sumur yang kedua. Ternyata sumur ke empat tidak menemukan minyak, hanya menemukan air yang sangat tebal. Sehingga batas minyak dan air adalah antara sumur ketiga dan sumur keempat. Untuk menentukan batas-batas reservoir minyak adalah berdasarkan ketebalan minyak dari setiap sumur yang dibor. Selanjutnya berdasarkan ketebalan-ketebalan minyak dari setiap sumur dibuat peta isopach yang digunakan untuk menghitung volume batuan yang mengandung minyak.

  • Pengeboran Eksploitasi
      Pengeboran ini bertujuan untuk meningkatkan pengurasan terhadap reservoir produksi sekaligus meningkatkan produksi.Pengeboran sumur eksploitasi memerlukan biaya jauh lebih murah karena data-data sumur sudah lengkap seperti kedalam dan ketebalan reservoir, jenis dan sifat batuan yang ditembus mata bor dan lain-lain. Sumur eksplorasi dapat diubah fungsinya menjadi sumur eksploitasi dengan catatan sumur eksplorasi tersebut bernilai ekonomis untuk diproduksiakan. Sumur-sumur yang memproduksikan minyak disebut juga dengan sumur produksi. Jadi sumur eksploitasi yang berhasil, juga merupakan sumur produksi.

Pengeboran eksploitasi


b. Berdasarkan Lokasi Pengeboran
      Jenis pengeboran ini didasarkan pada lokasi dimana pengeboran ini dilakukan. Berdasarkan letak dari titik lokasi, pengeboran dibedakan menjadi :
  • Pengeboran darat (onshore)
  • Pengeboran lepas pantai (offshore)

Pembahasan :
  • Pengeboran darat (onshore)
      Pengeboran darat adalah semua kegiatan pengeboran yang titik lokasinya berada di daratan. Istilah lainnya adalah Onshore Drilling.

  • Pengeboran lepas pantai (offshore)
      Pengeboran lepas pantai adalah kegiatan pengeboran yang titik lokasinya berada di laut lepas pantai samapai perairan yang dalam. Akan tetapi dapat dimasukkan juga untuk pengeboran lepas pantai bila titik lokasinya berada pada lingkungan yang berair, seperti pengeboran di sungai, di rawa dan di danau namun dengan persyratan kedalam tertentu. Istilah lain untuk pengeboran lepas pantai adalah Offshore Drilling. Gambaran dari onshore dan offshore drilling dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Offshore dan onshore driling


c. Berdasarkan Bentuk Lubang
      Jenis pengeboran ini didasarkan pada bentuk lubang yang dibuat atau dibentuk pada operasi pengeboran yang dilakukan. Berdasarkan bentuk lubangnya, pengeboran dibedakan menjadi :
  • Pengeboran tegak (straight hole drilling/vertical drilling)
  • Pengeboran berarah (directional dan horizontal drilling)

Pembahasan :
  • Pengeboran tegak (straight hole drilling/vertical drilling)
      Pengeboran tegak disebut juga dengan pengeboran vertikal atau Straight Hole Drilling. Artinya pengeboran yang dilakukan mulai dari titik lokasi di permukaan, lubang dipertahankan lurus vertikal sampai ke titik target. Pengeboran yang digolongan dalam pengeboran lurus atau straight hole drilling, adalah bila memenuhi persyaratan seperti di bawah ini (lihat pada Gambar dibawah ini) :

Straight hole drilling
      Pengeboran masih dalam suatu kerucut dengan sudut 5° untuk ketinggian kerucut 10.000 ft. Kerucut ini dibentuk dari titik awal pengeboran di permukaan sampai kedalaman mencapai 10.000 ft dengan kemiringan kerucut sebesar 5°. Selama lubang yang dibentuk pada operasi pengeboran yang dilakukan masih berada di dalam lingkup kerucut tersebut maka pengeboran ini termasuk pengeboran lurus/vertikal/straight hole.
      Lubang boleh membelok, asal dog leg maksimum adalah 3° per 100 ft. Pada kenyataanya lubang tidak mungkin bisa dipertahankan selurus mungkin, hal ini dikarenakan kondisi lapisan batuan yang memiliki sifat-sifat yang berbeda sehingga akan berpengaruh pada kondisi lubang pengeboran. Sehingga lubang pengeboran akan sedikit membelok atau sering dinamakan dog leg. Hal ini diperbolehkan asalkan pembelokannya tidak melebihi 3° per 100 ft dan selama berada pada kerucut seperti penjelasan di atas. Jika lubang sumur yang dibuat masuk ke dalam kerucut seperti
gambar diatas, maka jenis pengeborannya termasuk kelompok straight hole drilling. Apabila dog legnya lebih kecil dari 3° /100 ft, tapi lubang sumur keluar dari kerucut seperti gambar diatas, maka jenis pengeborannya bukan lagi termasuk kelompok straight hole drilling.
  • Pengeboran berarah (directional dan horizontal drilling)
      Didalam melakukan pengeboran suatu formasi, selalu diharapkan pengeboran dengan lubang yang lurus/vertikal, karena pengeboran dengan lubang yang lurus/vertikal selain dalam operasinya lebih mudah, juga pada umumnya biayanya menjadi lebih murah. Namun karena kondisi-kondisi tertentu, pengeboran lurus/vertikal tidak bisa dilakukan oleh karenanya perlu dilakukan pengeboran yang bisa diarahkan sesuai kondisi-kondisi tersebut. Pengeboran yang dilakukan dengan cara mengarahkan lubang biasa disebut dengan pengeboran berarah atau pengeboran horisontal (Directional and Horizontal Drilling). Beberapa faktor-faktor penyebab dilakukannya pengeboran berarah atau horizontal (Directional and Horizontal Drilling) adalah geografi, geologi dan pertimbangan ekonomi. Di bawah ini beberapa contoh alasan dilakukannya pengeboran berarah atau horizontal (Directional and Horizontal Drilling) :

- Inaccesible Location Drilling
      Beberapa reservoir dengan kondisi di permukaan yang tidak memungkinkan untuk dilakukan pengeboran lurus/vertical akan sangat cocok untuk dilakukan pengeboran berarah atau horizontal (Directional and Horizontal Drilling). Teknik ini adalah salah satu dari teknik pengeboran berarah yang paling umum dilakukan untuk mencapai lapisan yang tidak dapat dicapai dengan cara yang biasa, sebagai contoh reservoir yang terletak di bawah kota, di bawah lahan pertanian/perkebunan, dll. Gambar dibawah memperlihatkan formasi yang berada di bawah perkotaan sehingga dilakukan pengeboran berarah atau horizontal (Directional and Horizontal Drilling).

Formasi dibawah kota

- Multiple Well Drilling
      Bila suatu lokasi pengeboran memiliki keterbatasan area pada permukaan sehingga tidak mungkin dilakukan pengeboran banyak sumur dengan letak yang berbeda. Hal ini bisa diatasi dengan melakukan pengeboran multiple well. Yakni mengebor pada satu lokasi dengan banyak sumur yang dibuat, untuk itu dilakukanlah pengeboran berarah atau horizontal (Directional and Horizontal Drilling).Multiple well drilling ini sering dilakukan pada pengeboran lepas pantai dari suatu platform tunggal atau dari suatu tempat yang terpencil. Gambar dibawah ini memperlihatkan suatu platform yang melakukan Multiple well drilling.

Multiple well drilling

- Salt Dome Drilling
      Pada daerah yang didapati kubah garam (salt dome) yang letaknya berada di atas reservoir minyak, pengeboran lurus/vertical tidak mungkin dilakukan. Karena bila pengeboran menembus kubah garam (salt dome) akan mengakibatkan masalah yang serius terutama akan terjadinya blow out sehingga perlu dilakukan pengeboran berarah atau horizontal (Directional and Horizontal Drilling) yangakan mengarah langsung ke reservoir minyak. gambar dibawah ini. memperlihatkan reservoir yang berada d bawah kubah garam (salt dome).

Formasi dibawah kubah garam

- Side Tracking atau Straightening
      Kadangkala dalam melakukan operasi pengeboran lurus/vertika terjadi pembelokan yang sangat parah sehingga menjauh dari target, sehingga perlu untuk meluruskan kembali lubang sumur tersebut. Untuk itu dilakukan side tracking dengan melakukan pengeburan berarah. Atau pada kejadian dimana fish yang tidak dapat diangkat dan terkubur dilubang bor, pengeboran harus menghindari fish tersebut agar peralatan pengeboran tidak rusak maka dilakukan side tracking.

- Relief Well Drilling
      Pada kejadian sumur yang blow out, salah satu cara untuk menanggulanginya adalah dengan mengebor atau membuat relief well. Relief well merupakan sumur yang dibuat di dekat sumur yang blow out dengan tujuan untuk mengalirkan fluida yang mengakibatkan blow out sehingga dapat dikendalikan. Biasanya relief well dilakukan dengan pengeboran berarah atau horizontal (Directional and Horizontal Drilling).

Relief well drilling



Sumber :
PK. Teknik Produksi Migas. 2013. Dasar-dasar Teknik Pengeboran. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional. (e-Book)

*) Laporkan bila ada kerusakan link atau kesalahan pada penulisan mohon beritahu kami melalui menu Kontak