Cara Membuat Situs Iklan Baris

Christmas Tree

1. Pengertian Christmass Tree

      Adalah kumpulan dari valve, fitting, choke dan manometer pengukur tekanan sumur yang dipasang di atas tubing head. Peralatan ini terbuat dari bahan besi baja yang berkualitas tinggi, sehingga selain dapat menahan tekanan tinggi dari sumur jugadapat menahan reaksi dari air formasi yang bersifat korosif yang mengalir  bersama-sama dengan minyak atau dapat menahan pengikisan pasir yang terbawa ke permukaan.

2. Komponen-komponen Christmas Tree

a. Manometer pengukur tekanan
      Adalah peralatan yang digunakan untuk mengukur besarnya tekanan pada casing dan tekanan pada tubing.
b. Master gate (master valve)
      Merupakan jenis valve yang digunakan untuk menutup sumur jika diperlukan. Untuk sumur-sumur yang bertekanan tinggi, disamping master gate dipasang pula valve lain yang terletak di bawah master gate
c. Choke
      Choke atau bean ini berfungsi untuk menahan sebagian aliran dari sumur,sehingga produksi minyak dan gas pada sumur dapat diatur sesuai yangdiinginkan atau diharapkan.Dalam prakteknya dikenal dua jenis choke, yaitu :
  • Positive choke, jenis ini terbuat dari bahan besi baja pejal dimana pada bagian dalam terdapat lubang kecil berbentuk silinder sebagai tempatuntuk mengalir minyak dan gas menuju separator. Besar perbedaantekanan aliran fluida sebelum dan sesudah melewati choke pada dasarnyatergantung dari diameter choke yang digunakan.
  • Adjustable choke, diameternya dapat disetel sesuai dengan kebutuhan,dengan jalan memutar handwheel yang terdapat di atasnya, tanpa harusmelepas untuk menggantinya. Pemasangan jenis choke ini dimaksudkanuntuk mencegah terjadinya penggantian choke yang terlalu sering, terutama peda sumur-sumur yang menggunakan christmas tree single wings.

3. Tipe-tipe Christmas Tree

a. Christmas Tree konvensional
  • Sambungan dengan flange, digunakan gate type wing valve sebagai pengaman untuk operasi hingga 10000 psi
  • Sambungan dengan Clamp, digunakan untuk tekanan operasi hingga 15000 psi karena alasan kemudahan transportasi dan kemudahan penanganan



*) Laporkan bila ada kerusakan link atau kesalahan pada penulisan mohon beritahu kami melalui menu Kontak